Berita Tercepat

Berita Tercepat

Hiburan

Ajari Anak Anda Abjad

 

Salah satu langkah pertama untuk menjadi pembaca yang sukses adalah belajar mengenali huruf-huruf alfabet. Prinsip alfabet mengajarkan bahwa bahasa lisan diwakili oleh kata-kata tertulis yang terdiri dari berbagai kombinasi huruf, dan bahwa huruf-huruf dan kombinasi keduanya membentuk semua suara dalam bahasa lisan. Melampirkan bunyi pada surat-surat ini dan belajar menulisnya membuka jalan bagi keberhasilan membaca dan menulis.

Belajar mengatakan ABC mereka adalah awal yang baik untuk anak prasekolah, tetapi sama pentingnya bagi anak Anda untuk mempelajari bunyi huruf-huruf itu. Anak-anak prasekolah, yang tahu suara huruf-huruf alfabet, lebih mudah belajar membaca.

Untuk bisa membaca, setiap anak harus tahu bunyi huruf serta bentuk dan urutannya. Lebih dari itu ia harus bisa mengingatnya dengan cepat. Ketika dia melihat surat itu dia harus bisa mengatakan surat itu atau menyuarakan suaranya tanpa ragu-ragu. Ini harus terjadi apakah dia mendengar surat secara berurutan atau tidak.

Sementara lagu alfabet dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk mulai mempelajari ABC, itu tidak cukup karena anak-anak juga harus dapat mengidentifikasi setiap huruf. Bahkan, keterampilan ini jauh lebih penting daripada mengetahui di mana ia berada dalam alfabet karena merupakan kunci dalam belajar membaca.

Penelitian menunjukkan bahwa penting bagi anak kecil untuk dapat:

~ Kenali dan beri nama huruf
~ Mengenali huruf-huruf awal dengan kata-kata yang akrab (terutama namanya sendiri)
~ Mengenali huruf besar dan kecil
~ Hubungkan surat dengan suara spesifik yang diwakilinya

Pengetahuan tentang alfabet adalah dasar untuk pengembangan literasi anak Anda dan Anda tidak boleh berasumsi anak Anda akan belajar keterampilan ini di taman kanak-kanak. Menunggu sampai TK untuk mempelajari ABC akan menempatkan anak Anda di belakang banyak siswa lain dan dapat menyebabkan stres tambahan.

Anak-anak yang dapat membaca secara mandiri “menerjemahkan” bentuk alfabet dengan akurat kembali ke suara. Jika kita ingin anak-anak kita dapat membaca secara mandiri, kita perlu mengajar mereka:

~ Bentuk huruf alfabet;
~ Berbagai suara dari setiap huruf;
~ Suara yang dibuat oleh huruf gabungan.

Anda dapat mulai mengajar alfabet saat anak Anda masih kecil. Anak saya menguasai surat-suratnya pada hari ulang tahunnya yang kedua dan saya membantunya melakukan itu tanpa kartu flash dan tanpa merengek! Dia suka bekerja dengan “surat-suratnya” dan bahkan sekarang saat dia mendekati hari ulang tahunnya yang keempat meminta permainan atau aktivitas tertentu. Dia tidak tahu dia belajar – dia hanya berpikir dia bersenang-senang dengan ibunya.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak prasekolah Anda mempelajari bunyi dan nama-nama huruf alfabet.

Anda tidak memerlukan alat dan program yang mahal dan pada kenyataannya banyak dari itu dapat menjadi kontraproduktif karena mereka membuat pembelajaran bekerja. Kesuksesan terbesar saya adalah mengerjakan surat-surat yang sesuai dengan dunia kapan pun ia tampak terbuka untuk kesempatan itu. Alfabet menjadi hanya bagian dari kehidupan sehari-hari kita termasuk tugas dan waktu bermain.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *