Berita Tercepat

Berita Tercepat

Bisnis

Keterampilan kesadaran fonologis adalah kunci keberhasilan membaca.

 

Kesadaran fonologis merupakan landasan penting untuk belajar membaca. Penelitian ilmiah telah mendokumentasikan bahwa kesadaran fonologis adalah prediktor yang lebih baik untuk keberhasilan membaca daripada IQ, kosa kata, atau tingkat sosial ekonomi keluarga.

Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang mulai membaca instruksi dengan kesadaran fonologis yang cukup berkembang memahami instruksi dengan lebih baik, menguasai prinsip abjad lebih cepat dan belajar membaca dengan cukup mudah.

Anak-anak yang nantinya akan diidentifikasi sebagai disleksia sering tidak memiliki keterampilan kesadaran fonologis. Mengajarkan keterampilan ini telah ditunjukkan dalam penelitian untuk mencegah terjadinya disleksia pada banyak anak. Dengan demikian, banyak sistem sekolah sekarang mengikuti program penyaringan awal untuk keterampilan kesadaran fonologis.

Tidak ada bidang penelitian membaca yang mendapatkan perhatian sebanyak dua dekade terakhir seperti halnya kesadaran fonologis. Mungkin temuan paling menarik yang berasal dari penelitian tentang kesadaran fonologis adalah bahwa tingkat kritis kesadaran fonologis dapat dikembangkan melalui instruksi yang direncanakan dengan cermat, dan perkembangan ini memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi membaca dan mengeja anak-anak.

Mengapa Kesadaran Fonologis Sangat Penting?

Perlu kesadaran akan fonem untuk memahami prinsip alfabet yang mendasari sistem bahasa tulisan kita. Secara khusus, pembaca yang sedang berkembang harus peka terhadap struktur internal kata-kata.

Jika anak-anak mengerti bahwa kata-kata dapat dibagi menjadi fonem-fonem individual dan fonem-fonem dapat dicampur menjadi kata-kata, mereka dapat menggunakan pengetahuan bunyi huruf untuk membaca dan membangun kata-kata. Sebagai konsekuensi dari hubungan ini, kesadaran fonologis adalah prediktor yang kuat untuk keberhasilan membaca nanti. Para peneliti telah menunjukkan bahwa hubungan yang kuat antara kesadaran fonologis dan kesuksesan membaca tetap ada di seluruh sekolah.

Membaca awal tergantung pada memiliki pemahaman tentang struktur internal kata-kata, dan instruksi eksplisit dalam keterampilan kesadaran fonologis sangat efektif dalam mempromosikan membaca dini. Namun, instruksi dalam membaca awal – terutama instruksi dalam korespondensi huruf-suara – memperkuat kesadaran fonologis.

Keberhasilan dalam membaca awal tergantung pada pencapaian tingkat kesadaran fonologis tertentu. Pengajaran dalam kesadaran fonologis bermanfaat bagi sebagian besar anak-anak dan penting bagi orang lain.

Apa itu Kesadaran Fonologis?

Kesadaran fonologis adalah kemampuan untuk memecah kata menjadi suara yang terpisah. Seorang anak yang memiliki kesadaran fonologis dapat memberi tahu Anda kapan dua kata berima dan kapan dua kata mulai dengan suara yang sama. Pengembangan lebih lanjut dari kesadaran fonologis akan memungkinkan anak untuk memberi tahu Anda ketika dua kata berakhir dengan suara yang sama. Misalnya, mereka dapat memberi tahu Anda bahwa “kelelawar” dan “duduk” berakhir dengan suara yang sama tetapi “kelelawar” dan “sedih” tidak berakhir dengan suara yang sama.

Kesadaran fonologis adalah istilah luas yang mencakup kesadaran fonemis. Selain itu, untuk fonem, kegiatan kesadaran fonologis dapat melibatkan pekerjaan dengan rima, kata-kata, suku kata, dan onset dan rime.

Kunci dari proses belajar membaca adalah kemampuan untuk mengidentifikasi suara berbeda yang membuat kata-kata dan mengaitkan suara ini dengan kata-kata tertulis. Untuk belajar membaca, seorang anak harus sadar akan fonem. Fonem adalah unit fungsional terkecil dari suara. Misalnya, kata kucing mengandung tiga suara yang sangat berbeda. Ada 44 fonem dalam bahasa Inggris, termasuk kombinasi huruf seperti / th /.

Selain mengidentifikasi suara-suara ini, anak-anak juga harus dapat memanipulasi mereka. Permainan kata yang melibatkan pengelompokan kata ke dalam suara penyusunnya, kata berima, dan campuran suara untuk membuat kata juga penting untuk proses membaca. Kemampuan untuk mengidentifikasi dan memanipulasi bunyi bahasa disebut kesadaran fonologis. Ada lima tingkat kesadaran fonologis mulai dari kesadaran tentang sajak hingga kemampuan untuk mengganti atau mengganti komponen-komponen dalam sebuah kata.

Anak-anak umumnya mulai menunjukkan kesadaran fonologis awal ketika mereka menunjukkan penghargaan terhadap sajak dan aliterasi. Bagi banyak anak, ini dimulai sangat awal dalam perjalanan perkembangan bahasa mereka dan kemungkinan difasilitasi dengan dibaca dari buku-buku yang didasarkan pada sajak atau aliterasi.

Pengajaran Kesadaran Fonologis

Pengalaman awal dengan lagu anak-anak dapat membantu anak-anak mulai memperhatikan dan berpikir tentang struktur fonologis kata-kata. Beberapa studi penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang tahu lebih banyak tentang sajak anak-anak pada usia 3, adalah mereka yang cenderung lebih berkembang dalam kesadaran fonologis umum pada usia 4 dan dalam kesadaran fonemik pada usia 6.

Anda tidak harus berhenti dengan lagu anak-anak. Baca buku berima dan nyanyikan lagu dan nyanyian berima. Mintalah anak-anak mengidentifikasi kata-kata berirama menggunakan kartu bergambar dan melakukan semacam berima dengan kartu bergambar.

Juga mainkan permainan yang mengajarkan anak-anak untuk mengisolasi diri sendiri

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *